Dilema Perkembangan Teknologi Indonesia


Nama   : Herizal Kurniawan
NPM   : 140810160019

Dewasa ini hampir tidak satupun kalangan yang tidak tersentuh oleh perkembangan teknologi, baik si kaya maupun miskin, kecil maupun dewasa. Perkembangan teknologi tentu mendorong perubahan gaya hidup masyarakat, karna hampir semua hal dapat dimiliki dengan sangat praktis, baik itu akses informasi, jasa maupun barang. Pola pelayanan publik juga ikut merambah perkembangan teknologi, masyarakat sudah mulai tidak asing lagi dengan istilah e-commerce, e-government, e-learning dan sebagainya.

Mungkin begitu banyak manfaat yang terasa dari perkembangan teknologi, akses informasi yang tidak terbatas membuat setiap orang dapat mencari tau apapun yang diinginkan dengan cepat, adanya kegiatan usaha yang memanfaatkan teknologi informasi membuat pelaku usaha lebih mudah menawarkan produknya dan konsumen lebih praktis mendapatkan apa yang dibutuhkan. Bahkan tak hanya industri barang, bahkan konten kreatif pun dapat menjadi usaha yang menjanjikan akibat adanya pengaruh perkembangan teknologi contohnya seperti video di youtube atau instagram.

Namun, realita yang ada, masih ada saja pihak yang tidak siap menerima perubahan akibat adanya perkembangan teknologi, mulai dari persaingan tidak sehat antara pelaku jasa konvensional dengan pelaku usaha yang lebih modern, munculnya figur yang memberikan konten yang sensitive bahkan tidak mendidik, dan yang paling miris adalah ketika segala perkembangan teknologi yang kita nikmati sangat minim diproduksi dalam negeri, sebut saja seperti smartphone, laptop hingga software buatan dalam negeri pun masih tidak begitu dapat bersaing dengan pasar global.

Hal ini tentu menjadi kerugian sangat besar bagi negara, mengingat besarnya jumlahnya konsumen dalam negeri namun justru hanya menjadi pasar bagi negara asing. Pemerintah hendaknya menyokong para developer dan perusahaan dalam negeri dalam memenuhi kebutuhan pasar teknologi di Indonesia, agar tidak hanya menjadi konsumen dalam negeri sendiri.

Butuh sebuah solusi pasti untuk menjadikan Indonesia lebih baik, menjadikan Indonesia tidak hanya sebagai pasar namun juga sebagai produsen, beberapa solusi yang dapat diterapkan adalah, menyediakan wadah berkembang dan bernanuang bagi developer dalam negeri, mendorong munculnya industri penyedia kebutuhan fisik teknologi, penggalakkan teknologi hingga pelosok, penyuluhan berinternet secara positif, dan pelatihan bagi segala sector untuk dapat memanfaatkan teknologi. Kegiatan promosi pemerintah dalam mendorong program tersebut harus dikemas sedemikian rupa, karna tak jarang banyak sekali pesan pemerintah yang dibuat di media terkesan kuno dan tidak menarik, akan sangat menjadi tidak relevan ketika program pemerintah dalam memajukan teknologi  namun justru tidak memanfaatkan berbagai teknologi terutama di bidang broadcasting secara efektif dan efisien. 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.