Analisis Perkembangan E-Commerce di Indonesia
Nama : Aditya Rizky Fadillah
NPM : 140810160042
E-commerce atau
perdagangan elektronik adalah penyebaran, pembelian, pembelian, pemasaran
barang melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi. E-commerce
dapat melibatkan pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori
otomatis dan sistem pengumpulan data otomatis.
Pertumbuhan
e-commerce selalu meningkat dengan peningkatan pengguna internet dan
kepercayaan masyarakat akan keamanan bertransaksi. Tidak hanya di Indonesia,
e-commerce juga sangat berkembang di seluruh dunia, menurut riset dan
penelitian firma konsultan bisnis dan manajemen AT Kearny, nilai penjualan
global e-commerce tahun 2015 hampir mencapai 1 triliun dolar Amerika Serikat
atau tumbuh 18% dibanding tahun 2014. Sedangkan di Indonesia sendiri
berdasarkan riset Online Shopping Outlook 2015 yang dikeluarkan oleh BMI
Reaserch mengungkapkan bahwa nilai belanja online pada tahun 2014 mencapai 21
triliun rupiah. Namun pengguna e-commerce Indonesia masih kalah dibanding
dengan negara-negara sekitar seperti Thailand, Vietnam, Singapura dan Malaysia.
Pertumbuhan
pengguna jasa e-commerce ini selalu meningkat di Indonesia karena kepercayaan
pada belanja online meningkat dan keamanan dari situs e-commerce itu sendiri
sudah cukup baik selain itu orang orang selalu ingin praktis maka dengan adanya
e-commerce ini orang-orang tidak lagi harus bepergian kemana mana untuk mencari
barang barang kebutuhanya.
Beragam produk dan
jasa layanan ditawarkan pada e-commerce menjadikan layanan e-commerce lebih
menarik perhatian orang orang. Ada tujuh arah tujuan dalam e-commerce antara
lain adalah yang menyangkut logistik, pendanaan, perlindungan konsumen,
infrastruktur, pajak, pendidikan dan sumber daya manusia.
E-commerce dalam
bidang logistik akan terus berkembang pesat di Indonesia karenadengan sekitar
17.000 pulau yang ada di Indonesia. Dengan begitu di setiap pulau tersebut
memerlukan kebutuhan kebutuhan yang berbeda beda pula. Maka disini e-commerce
dalam bidang logistik mengambil peranan penting dalam pemerataan dan penyebaran
barang barang kebutuhan konsumen di Indonesia. Namun masalah yang di hadapi
adalah tidak semua pulau memiliki akses internet. Hanya pulau pulau besar saja
yang mempunyai akses internet yang cukup baik. Dengan demikian dibutuhkan
pembangunan infrastruktur yang merata di semua pulau yang tersebar di
Indonesia.
Sektor yang akan
paling dominan kedepanya adalah sektor retail dan marketplace. Karena sektor
retail adalah jual beli yang dilakukan melalui sistem yang telah diterapkan
oleh sistus retail yang bersangkutan. Maka dari itu sektor relatif aman namun
barang yang ditawarkan biasanya tidak terlalu banyak dan fokus ke satu
kategori. Sedangkan sektor marketplace merupakan wadah untuk berjualan namun
yang berjualan bukanlah penyedia situs tersebut. Para pedagang bisa mendaftar
untuk menjadi aggota situs tersebut dan berdagang pada situs tersebut. Namun
website di sini biasanya menyediakan keamanan tambahan untuk setiap transaksi
seperti rekening bersama yang dimana si pembeli harus mengirimkan uang tersebut
ke situs tersebut sebelum nantinya barang dikirim oleh penjual, setelah barang
berhasil di kirim, situs tersebut memberikan uang tersebut ke penjual tadi.
Dalam segi keamanan, sektor marketplace sangatlah aman.
Artikel ini sangat membantu sekali. terimakasih. blog ini kerennnnnn
BalasHapusArtikel ini sangat membantu sekali. terimakasih. blog ini kerennnnnn
BalasHapus